Generasi Baru Indonesia Tegal

Kamis, 05 September 2019

Peran Bank Indonesia Dalam Mendorong Kesejahteraan Sosial

Masalah kemiskinan, masih menjadi problematika utama yang dihadapi bangsa Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan bahkan mengurangi angka kemiskinan, seperti mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif, menjaga stabilitas makro ekonomi, stabilisasi harga, menciptakan lapangan kerja produktif, menjaga iklim Investasi, menjaga regulasi perdagangan, meningkatkan produktivitas sektor pertanian, dan mengembangkan infrastruktur wilayah tertinggal. Menurut badan pusat statistik, tingkat kemiskinan di Indonesia sentuh angka 9,66 % (25,7 Juta Penduduk; per September 2018) dan itu menjadi angka terendah sepanjang sejarah kemiskinan di Indonesia[1]. Tidak sia-sia, kerja keras pemerintah dalam menekan kemiskinan membuahkan hasil yang cukup baik. Kendati demikian, penangan terhadap kemiskinan masih tetap harus diprioritaskan. Hal ini tentu untuk tujuan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.
Kesejahteraan sosial, tidak dapat dicapai kalau hanya menggantungkan dari usaha pemerintah saja. Masyarakat, Instansi, korporasi, dan pelaku ekonomi lainnya juga dituntut kontribusinya dalam upaya meningkatkan pembangunan Indonesia. Corporate Social Responsibility merupakan sebutan bagi program-program yang dicanangkan institusi untuk memberdayakan lingkungan sosial masyarakat. Dalam hal ini, program CSR dari suatu korporasi didalamnya bertujuan untuk peningkatan ekonomi berkelanjutan, tanpa melupakan aspek lingkungan & aspek sosial bagi masyarakat.
Peran Bank Indonesia Dalam Mendorong Kesejahteraan Sosial Masyarakat
Tidak hanya korporasi saja, CSR sudah menjadi tanggungjawab lembaga nonprofit lainnya, seperti Bank Indonesia. Program Sosial Bank Indonesia dikenal dengan istilah PSBI. Bahkan PSBI ini, nyatanya sedikit demi sedikit sudah menjadi program berkelanjutan, yang mampu memberdayakan dan meningkatkan nilai ekonomi dan sosial di lingkungan masyarakat.
Ada dua jenis program dalam PSBI, yaitu Program Strategis dan Program Kepedulian Sosial. Program Strategis berupa program pengembangan ekonomi & peningkatan pengetahuan masyarakat. Selain itu, didalamnya juga untuk mengedukasi masyarakat mengenai peranan Bank Indonesia. Sedangkan Program Kepedulian Sosial, serangkaian implementasinya seperti kegiatan kepedulian terhadap masyarakat di bidang Pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, penanganan bencana alam, dan lain-lain.
Bank Indonesia selalu berkomitmen dengan sangat baik dalam melaksanakan PSBI. Dari semangatnya itu, telah terbukti program unggulannya mendapat penghargaan pada ajang ajang  The 8th Annual Global CSR Summit and Awards 2016[2]:
  1. Gold Award - Kategori Excellence In Provision Of Literacy and Education Award, dengan kegiatan PSBI yaitu BI Corner;
  2. Gold Award - Kategori Empowerment of Women, dengan PSBI yaitu pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di Jakarta, Tangerang dan Aceh;
  3. Bronze Award - Kategori Product Excellence, dengan PSBI yaitu pemanfaatan lahan marjinal di Palangkaraya, Ambon dan Pekanbaru.
 Tidak berakhir sampai disitu saja, sampai sekarang ini Bank Indonesia masih terus mengembangkan PSBI unggulannya yang bertema  Indonesia Cerdas. Program tersebut, realisasinya adalah pembuatan BI Corner (Pojok BI). BI Corner, merupakan perpustakaan mini yang dapat dijadikan sebagai ruang baca bagi kalangan generasi muda & masyarakat setempat. Perpustakaan mini tersebut, berisi buku-buku bertema moneter, finansial, entrepreneur, kisah-kisah inspiratif, motivasi dan literasi lainnya. Selain itu, disana juga terdapat fasilitas seperti komputer, televisi, lampu baca & sofa untuk membuat pengunjung lebih nyaman dalam mengakses informasi.
Peran Bank Indonesia Dalam Mendorong Kesejahteraan Sosial Masyarakat
BI Corner
Program BI Corner yang dimulai sejak tahun 2015 sampai saat ini masih terus dijalankan dan ditargetkan pada tahun 2020, BI menargetkan jumlah BI Corner mencapai 1.000 diseluruh fasilitas publik yang ada di Indonesia. Harapannya BI Corner dapat meningkatkan intelektual generasi muda, tentunya di seluruh penjuru nusantara.
Dengan selalu memegang teguh slogan “Dedikasi Untuk Negeri”, Bank Indonesia telah membuktikan kontribusinya. Bukan sekedar omong kosong semata. Komitmennya untuk terus mengabdikan diri kepada negeri, tercermin pada program-program sosial yang mengintegrasikan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat luas. Dengan sistematika yang terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan, secara bertahap akan memberdayakan masyarakat setempat. Hasil dari pemberdayaan komunitas tersebut, harapannya mampu menumbuhkan sektor-sektor baru, seperti ide untuk membuat lapangan pekerjaan, pemanfaatan teknologi kreatif, dan inovasi lainnya. Hal itulah yang akan mendorong terciptanya kesejahteraan sosial di lingkungan masyarakat. 

Penulis : Misbakhul Munir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar