Generasi Baru Indonesia Tegal

Kamis, 05 September 2019

PENTINGNYA BERWIRAUSAHA BAGI GENBI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur mengatur permodalan operasinya. Pengertian wirausaha secara umum adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk menciptakan sebuah peluang usaha, pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi, dengan segala resiko yang akan dihadapinya.
PENTINGNYA BERWIRAUSAHA BAGI GENBI
 Fenomena yang terjadi saat ini banyak sekali mahasiswa ketika lulus kuliah mereka hanya ingin menjadi seorang  pegawai, ini terlihat dari hasil wawancara dengan para mahasiswa sekitar 75% menjawab akan melamar kerja, dengan kata lain menjadi pegawai(karyawan), dan hanya sekitar 4% yang menjawab ingin berwirausaha, dan selebihnya menjadi karyawan dan berwirausaha. Ini menggambarkan betapa pola pikir untuk menjadi wirausaha di kalangan mahasiswa masih  sangat kecil. Dari hasil penelitian, mahasiswa sulit untuk mau dan mulai berwirausaha dengan alasan mereka tidak diajar dan dirangsang untuk berusaha sendiri, dan factor yang tidak kalah pentingnya adalah tidak ada atau sulitnya memiliki modal untuk berwirausaha, dan mereka kurang mampu dan mau menciptakan lapangan kerj sendiri. Dalam hal ini pendidikan kewirausahaan (enterpreneurship) sangat penting dan diharapkan mampu menciptakan jiwa-jiwa wirausaha, sehingga mereka mampu mandiri dan menciptakan lapangan kerja yang setiap tahun terus bertambah.

Generasi Baru Indonesia, atau yang sering dikenal dengan nama GenBI ialah sebuah komunitas yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa terpilih yang berasal dari beragam latar disiplin ilmu dan keahlian, yang diyakini akan menjadi energi baru yang mampu memberikan kontribusi bagi negara dari berbagai universitas pada sebuah wilayah terpilih sebagai penerima beasiswa. GenBI ini berada langsung dibawah pimpinan oleh pihak Bank Indonesia sendiri.
PENTINGNYA BERWIRAUSAHA BAGI GENBI

Lewat GenBI mahasiswa terpilih tidak hanya mendapatkan beasiswa tetapi dibimbing untuk membagi energi bagi negeri dengan cara melakukan beberapa kegiatan aktivis, yang melibatkan peran masyarakat didalamnya dengan memberikan pelayanan sepenuh hati. Dari segala banyak ragam kegiatan maupun aktivitas yang dilakukan, pada akhirnya bertujuan untuk membimbing mereka menjadi sebuah pribadi yang kreatif dan diarahkan untuk menjadi Agent Of Change serta garda depan Bank Indonesia yang membantu untuk memberikan informasi tentang kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (Front Lines) serta dipersiapkan untuk menjadi seorang pemimpin di masa yang akan dating (Future Leaders).
Devisi kewirausahaan merupakan bagian dari salah satu devisi di GenBI yang beranggotaan 7 orang mahasiswa penerima beasiswa bank Indonesia komisariat IAIN Pekalongan. Di devisi kewirausahaan ini atau yang biasa di sebut team penjualan dari GenBI, ada beberapa produk unggulan dalam penjualan dari devisi kewirausahaan diantaranya: stik kentang keju, crispy sausage roll, Ice cocok, CeBI, dan kerajinan tangan paper quiling.
          Selain itu bukan hanya sekedar melakukan kegiatan berwirausaha tetapi ada tujuan atau pencapaian yang dilakukan oleh devisi kewirausahaan yaitu untuk membuat devisi ini maju. Devisi ini membuat kelompok yang akan bertugas untuk melakukan penjualan sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan. Masing-masing kelompok dibagi sesuai tugasnya yaitu ada yang bertugas sebagai team produksi dan juga team penjualan. Sehingga tercipta peran aktif dari semua anggota devisi ini. Strategi pemasaran yang GenBI lakukan adalah disamping melakukan pemasaran ke teman-teman genbi dan  masyarakat umum melalui media sosial, GenBI juga membuka stand penjualan di kampus dalam acara expo selama 3 hari mulai dari 26-28 Agustus 2019. Anggota GenBI sangat berantusias dan semangat dalam melaksanakan tugasnya  menjaga stand expo secara bergantian. Para anggota GenBI sangat pandai dalam menarik konsumen sehingga produk-produk GenBi laku keras saat itu. Berkat kerja keras para anggota, devisi kewirausahaan mendapatkan banyak keuntungan.
Dengan demikian, selain melakukan kegiatan sosial, GenBI juga perlu berwirausaha yang bertujuan untuk mengasah pengetahuan dan skill para anggota GenBI, yang mana kemampuan tersebut dapat digunakan ketika mereka telah menyelesaikan studinya.


Penulis : Mausufatul Khasanah
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar