Generasi Baru Indonesia Tegal

Jumat, 06 September 2019

OPTIMALISASI BI CORNER SEBAGAI UPAYA SOSIALISASI SERTA EDUKASI PEREKONOMIAN DAN PERAN BANK INDONESIA



OPTIMALISASI BI CORNER SEBAGAI UPAYA SOSIALISASI SERTA EDUKASI  PEREKONOMIAN  DAN PERAN BANK INDONESIA

 
Bank merupakan institusi yang berpengaruh signifikan dalam menentukan kelancaran aktivitas perekonomian dan keberhasilan pembangunan. Di Indonesia yang menjadi sentral atau pusat perbankan negara adalah Bank Indonesia (BI), status Bank Indonesia sudah sejak tahun 1999 ditetapkan sebagai lembaga negara yang independen dan mimiliki kewenangan penuh dalam melaksanakan tugas serta terbebas dari campur tangan pemerintah ataupun pihak lain. Sebagai bank sentral, BI atau Bank Indonesia memiliki tugas dan fungsi  yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Tiga tugas tersebut diantaranya adalah a) menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter; implementasi kebijakan moneter dilakukan dengan menetapkan suku bunga (BI Rate). b)  mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran; wewenang bank indonesia menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dari peredaran. c)  serta mengatur dan mengawasi bank umum; bank indonesia menetapkan peraturan,memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan atau kegiatan usaha.


 Selain tiga tugas utama tersebut, sebagai bank sentral indonesia BI juga bertanggung jawab untuk melakukan sosialisasi baik terkait perbankan dan sistem moneter secara umum maupun tentang tugas dan wewenang BI sendiri. Dengan adanya sosialisasi terhadap masyarakat selain sebagai edukasi untuk masyarakat sendiri juga diharapkan dapat menjadi sarana transparasi mengenai berbagai kebijakan moneter khususnya sehingga nantinya masyarakat dan BI dapat saling "berkomunikasi" dua arah dalam hal pengawasan dan peningkatan kinerja demi kemajuan perekonomian indonesia. Memahami dan mengikuti perkembangan dunia perbankan terutama Bank indonesia sebagai bank sentral yang cukup dinamis menjadi satu keharusan sehingga tidak hanyut dan tenggelam dalam perubahan dan kemajuan dunia.  Dalam kaitannya dengan sosialisasi ini pihak BI melakukannya dengan berbagai cara dan bidang salah satu diantaranya adalah dengan BI corner.
BI Corner adalah suatu pojok atau fasilitas yang memberikan edukasi tentang peran dan fungsi bank sentral yang dapat diakses melalui koleksi cetak maupun elektronik. Selain sebagai media sosialisasi, BI corner juga sekaligus bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan juga untuk memberikan pemahaman khususnya pada generasi muda terkait ekonomi. BI corner biasanya terdapat diperpustakaan dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti sofa, komputer dan buku buku terkait perekonomian, keuangan dan bisnis.  BI corner dalam hal ini cenderung ditargetkan untuk civitas academika karena fasilitas ini biasanya terdapat di perpustkaan, Dengan adanya BI corner ini masyarakat khususnya generasi muda dapat mengakses info terkait peran, fungsi dan wewenang BI juga sekaligus diharapkan dapat meningkatkan minat baca, dengan disediakannya berbagai buku dan literatul terkait  keuangan dan perekonomian. Untuk memaksimalkan tujuan tersebut BI corner dapat diakses oleh seluruh pengunjung perpustakaan. Dalam hal ini penulis akan mengambil contoh BI Corner yang terdapat di IAIN Pekalongan, BI corner ini sudah diluncurkan sejak tahun 2016 dalam rangkaian acara gebyar perpustakaan. Tujuan dari peluncuran BI corner ini adalah dalam rangka menghadapi MEA. Tidak hanya informasi tentang Bank sentral saja yang tersedia namun juga informasi mengenai keuangan dan perekonomian tanah air dan global pun disediakan. Diharapkan adanya Bi corner memberikan pengembangan intelektual perihal perekonomian dan perbankan baik untuk mahasiswa maupun dosen sebagai penunjang kegiatan akademis.


 Namun demikian meskipun BI sudah memfasilitasi upaya sosialisasi ini dengan baik, akan tetap tidak berpengaruh atau berguna apabila tidak terdapat kesadaran diri dari masyarakat sendiri untuk mencari info dan memafaatkan fasilitas BI corner ini.  Alasan seperti tidak tahu fungsinya, tidak pernah menggunakan, atau bahkan tidak tau sama sekali bahwa terdapat fasilitas sepeti BI corner ditambah minat baca masyarakat yang belum begitu baik menjadi hambatan dalam upaya sosialisasi BI ini. Dalam kaitannya dengan BI corner di IAIN pekalongan masalah ini pun menjadi hambatan dalam optimalnya peran BI Corner ini, masih banyak mahasiswa IAIN pekalongan yang asing dengan fasilitas sosialisasi dari BI ini, lebih khusus mahasiswa dari fakultas ekonomi dan bisnis pun yang notabennya erat kaitannya dengan perbankan dan keuangan masih banyak yang bahkan tidak mengetahui bahwa terdapat fasilitas BI corner diperputakaan kampus. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, selain kemungkinan tentang rendahnya minat baca faktor lain yang turut andil dalam hal ini adalah lokasi kampus yang sekarang sudah terpisah dengan perpustakan utama institut dimana BI corner ini berada.
Hal ini lah yang perlu menjadi perhatian untuk kemudian dapat dilakukan upaya seperti sosialisasi tentang BI corner itu sendiri pada masyarakat sekitar lingkungan yang terdapat BI corner agar mereka dapat tertarik dan mulai menggunakan fasilitas tersebut sebaik mingkin. Pengenalan tentang BI corner ini sangat penting karena BI corner dapat dikatakan sebagai jendela sekaligus penghubung masyarakat dengan informasi dari Bank Indonesia dan perekonomian. Deangan optimalisasi penggunaan BI corner yang baik, selain suksesnya sosialisasi dari BI juga dapat meningkatan minat baca masyarakat dimana membaca adalah langkah awal yang diharapkan mampu mendongkrak wawasan dan pengetahuan masyarakat sehingga nantinya dapat mengambil peran dalam kemajuan indonesia terutama dari sektor ekonomi dan moneter.



DAFTARPUSTAKA

Lubis, irsyad. 2010. Bank dan lembaga keuangan lain. Medan;USU press.

https://www.zonareferensi.com/tugas-bank-indonesia/

Penulis : Sumarni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar