Generasi Baru Indonesia Tegal

Jumat, 06 September 2019

Linkaja, Platform Sistem Pembayaran Berbasis QR Code Milik BUMN




Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan salah satu tujuan hadirnya LinkAja sebagai platform pembayaran digital adalah efisiensi operasional. Hal ini karena LinkAja akan menggabungkan seluruh platform dompet digital bank milik negara. Saat ini hampir semua Bank BUMN mempunyai platform pembayaran. Daripada setiap bank mengeluarkan biaya untuk promosi, akan lebih baik jika semua digabung menjadi satu.
            LinkAja merupakan platform keuangan bank yang terhimpun dalam bank himpunan bank milik negara (Himbara), yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), mulai masuk ke bisnis fintech melalui LinkAja. Fintech ini diluncurkan pada 3 Maret 2019. LinkAja merupakan dompet digital yang akan menggabungkan uang elektronik Bank Mandiri (e-cash), Bank BNI (Unikqu), Bank BRI (Tbank), dan Telkom Group (TCASH dan T-money). LinkAja akan berada di bawah PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Finarya merupakan perusahaan teknologi keuangan bikinan PT Telekomunikasi Tbk (TLKM) yang selama ini mengelola produk dompet digital TCASH, milik Telkomsel.

            Saham terbesar akan dipegang oleh Telkomsel sebesar 25 persen. Sementara, tiga bank, yakni Bank Mandiri, BNI dan BRI, akan memegang saham masing-masing 20 persen. Sementara, BTN dan PT Pertamina (Persero) memegang masing-masing tujuh persen dan Jiwasraya akan memegang satu persen saham.

Bank Indonesia selaku regulator sistem pembayaran telah memberikan izin operasional LinkAja sebagai sistem pembayaran uang elektronik dan layanan keuangan digital (LKD) diajukan melalui PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), cucu usaha Telkom yang didirikan di bawah PT Telkomsel. Pemberian izin ini dilakukan melalui beberapa tahapan pengujian, mulai dari pemeriksaan kelengkapan dokumen, penelitian dokumen serta penelitian onsite atau tes infrastruktur. Saat ini aplikasi LinkAja sudah tersedia di Play Store untuk Android dan Apps Store untuk IOS dan dapat diunduh oleh seluruh masyarakat untuk digunakan sebagai sarana pembayaran elektronik.

By : Ummi Hani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar