Generasi Baru Indonesia Tegal

Senin, 12 Agustus 2019

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PROGRAM ENGLISH EDUCATION GENBI TEGAL

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PROGRAM ENGLISH EDUCATION GENBI TEGAL
            Bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengekspresikan diri. Ada banyak bahasa di seluruh penjuru negeri ini. Salah satunya yaitu Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa persatuan negara kita, Indonesia. Ada pula bahasa Internasional yang kita kenal sebagai Bahasa Inggris.  
            Dalam dunia pendidikan formal, Bahasa Inggris ini sudah mulai diberlakukan sebagai mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat SD mulai dari kelas dua. Oleh sebab itu, adanya agenda English Education yang merupakan salah satu agenda Divisi Pendidikan GenBI Tegal ini bertujuan untuk membantu adik-adik dalam mengenal bahasa Internasional (Bahasa Inggris). Diharapkan dengan adanya pendidikan Bahasa Inggris ini mampu menambah kosa kata dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris adik-adik di tingkat SD. 
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PROGRAM ENGLISH EDUCATION GENBI TEGAL
            Jumat, 9 Agustus 2019, GenBI Tegal kembali mengadakan English Education di TPQ Baitur Ro’uf Banyurip Ageng Pekalongan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari agenda Divisi Pendidikan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Jumat, 2 Agustus 2019 dengan pemberian materi tentang greeting, dimana dengan adanya pembelajaran ini diharapkan adik-adik dapat memperkenalkan diri dan saling menyapa dengan menggunakan Bahasa Inggris. Antusiasme adik-adik sangat luar biasa pada kegiatan English Education ini. Kurang lebih 80 adik-adik mengikuti pembalajaran Bahasa Inggris yang dilaksanakan di TPQ mereka ini, TPQ Baitur Ro’uf Banyurip Ageng Pekalongan.


              Melihat antusiasme adik-adik pada minggu pertama, sore tadi English Education kembali dilaksanakan dengan pemberian materi Numbers and Alphabet untuk kelas satu dan kelas dua. Sedangkan materi My Family and Hobbies untuk adik-adik kelas tiga sampai kelas enam. Untuk mengkondisikan kelas yang kondusif, kegiatan pembelajaran dibagi menjadi tiga kelas yang terdiri dari kelas 1-2, kelas 3-4 dan kelas 5-6. Diharapkan dengan adanya English Education yang kedua ini dapat menambah ilmu adik-adik dalam mengenal abjad dan angka (bagi kelas satu, dua) dan mengenal anggota keluarga dan menyampaikan hobinya dalam Bahasa Inggris (bagi adik-adik kelas tiga sampai enam).

            Harapan selanjutnya dari GenBI Tegal dengan adanya kegiatan English Education ini yakni dapat bermanfaat bagi adik-adik dalam menunjang mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah mereka masing-masing dan menumbuhkan rasa cinta adik-adik untuk belajar bahasa. Belajar tidak akan membuat kita merugi, terlebih belajar bahasa. Dengan menguasai bahasa, dunia ada digenggaman kita.

Penulis: Iffah Mufida 
Editor : Misbakhul Munir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar