Generasi Baru Indonesia Tegal

Rabu, 07 Agustus 2019

Bimbingan Kepramukaan dan Sosialisasi CIKUR Sebagai Bentuk Konstribusi Nyata Genbi Tegal



Bimbingan Kepramukaan dan Sosialisasi CIKUR Sebagai Bentuk Konstribusi Nyata Genbi Tegal

Pendidikan Kepramukaan saat ini sangat penting untuk diajarkan, dilatih, dan dipraktekkan kepada para siswa. Pudarnya rasa kepedulian terhadap masyarakat menjadi sebuah alasan utama adanya Teaching Scout Maximum (Pengajaran Pramuka yang Maksimal). Di dalam pelatihan Kepramukaan pelajar diberikan bimbingan kemandirian, keilmuan, dan tidak kala pentingnya yaitu Social Sensitivity, Karena pada hakikatnya di era ini manusia tidak hanya untuk dituntut Digging Science, tetapi juga Attitude atau kepekaaan terhadap sosial.
Bentuk Konstribusi Nyata Genbi Tegal
Konstribusi Genbi Tegal di MTS Bhakti Islam Desa Adinuso Kecamatan Reban, Kabupaten Batang pada tanggal 20 Juli dan 3 Agustus 2019. Tujuan utamanya sebagaimana yang sudah dijelaskan yaitu melatih kesadaran siswa untuk bersosial dan juga dipersiapkan untuk menjadi siswa  berprestasi dengan mengikuti PERSAMI (Perkemahan sabtu-minggu) tingkat MTS, Jamran (Jambore Ranting) ditingkat kecamatan di tahun ini. Materi dan praktek menjadi bahan penting dalam membimbing dan membina para siswa untuk mengenal lebih jauh tentang Kepramukaan. Selain itu, Genbi Tegal juga menyosialisasikan Ciri Keaslian Mata Uang (CIKUR) kepada para siswa di MTS Bhakti Islam dengan  metode 3d (dilihat, diraba, diterawang) yang bertujuan memberikan wawasan baru kepada para siswanya. Bapak Zaenal Abidin selaku pembina pramuka di MTS mengatakan ‘’bahwa peran Genbi disini sangat membantu para siswa di MTS untuk berkembang dengan cara-caranya yang mudah dipahami dan juga tidak membosankan, harapannya kegiatan pramuka tersebut dapat berlanjut seterusnya dan juga untuk menjadi tempat latihan para anggota Genbi untuk belajar bagaimana cara mengajar’’.
Harapan Genbi dengan adanya kegiatan Kepramukaan, dapat menciptakan wajah baru pendidikan saat ini yang tidak hanya terbelenggu pada Digging Science, akan tetapi juga menanamkan jiwa kesadaran sosial agar ditanamkan sejak dini. Sehingga kegiatan-kegiatan yang Genbi lakukan dapat menjadi manfaat secara individual dan masyarakat sekitar dan menjadi daya tarik sendiri oleh para anggota Genbi untuk melakukan kebaikan menjadi keberkahan pada diri masing-masing. Seperti yang di amanatkan oleh Rasulullah ‘’Sampaikan apa yang dikatakan dariku, walau satu ayat’’ H.R. Bukhari No. 3461.
Penulis : Imaro Sidqi
Editor : Misbakhul Munir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar