Generasi Baru Indonesia Tegal

Jumat, 02 November 2018

Bank Indonesia Hadir Disetiap Makna Indonesia GenBI Tegal Melalui Program GenBIRA Ada Untuk Anak Pedesaan


http://www.genbitegal.com/

GENBI TEGAL.COM, Pemaknaan Hari Sumpah Pemuda dapat dilakukan dengan berbagi cara. Salah satu cara dalam pemaknaan sumpah pemuda yaitu dengan menyalurkan semangat pemuda kedalam hal yang positif. Begitu pula yang dilakukan oleh GenBI Tegal dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda melalui acara bertajuk GenBI Belajar Bersama (GenBIRA) ­dilaksanakan pada tenggal 27-28 Oktober 2018. Dengan mengusung tema “Bangun Semangat generasi muda yang berdedikasi, salurkan ilmu, tanamkan gemar membaca” telah sukses dilaksanakan. Acara didalamnya meliputi terdapat dua rangkaian besar antara lain: GenBI mengajar di sepuluh Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Batang pada tanggal 27 Oktober 2018 serta dilanjutkan penyerahan hasil donasi buku di dua tempat Taman Baca Masyarakat (TBM) yang terdampak bencana ROB pada tanggal 28 Oktober 2018.­
Dalam kegiatan GenBI mengajar di sepuluh Sekolah Dasar (SD), tersebar diberbagi latar belakang geografis SD, ada yang didaerah perkotaan ada pula yang termasuk daerah pedesaan. Daerah pedesaanlah yang menjadi sorotan penting dalam misi GenBI saat ini. Masyarakat desa biasanya memiliki keterbatasan akses informasi yang minim dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Salah satu pengalaman anggota GenBI yang mengajar di SD daerah pedesaan yaitu sempat mengalami kesulitan dalam berkomunikasi akses internet, pasalnya sinyal disana cenderung tidak dapat dijangkau. Kesulitan tersebut menjadi salah satu contoh dari sekian permasalahan yang dihadapi masyarakat pedesaan. Dengan kondisi demikian, GenBI Tegal hadir untuk mencoba mempromosikan terkait  peranan dan fungsi Bank Indonesia, mensosialisasikan mengenali keaslian uang rupiah, menebarkan semangat untuk menabung, serta menerangkan terkait keanekaragaman Indonesia supaya siswa dapat memiliki sifat toleransi anatar sesama.
Selama kegiatan mengajar  yang berlangsung di SD daerah pedesaan tepatnya di SD 01 Limbangan, nampak siswa sangat antusias memperhatikan dan mendengarkan dengan seksama materi yang kami berikan. Materi pertama yang diberikan yaitu terkait Ciri Keaslian Uang Rupiah (CIKUR) serta pengenalan fungsi Bank Indonesia. Awalnya mereka tidak mengetahui apa itu Bank Indonesia, setelah kami menginstruksikan untuk melihat uang saku masing-masing siswa dan mencari tulisan Bank Indonesia, akhirnya mereka mulai mengerti apa tugas pokok dari Bank Indonesia secara sederhana. Materi dilanjutkan dengan sosialisasi CIKUR dan cara merawat uang fisik yang benar. Anak-anak biasanya rentan memperlakukan uang rupiah yang dilimilikinya dengan tidak baik karena ketidaktahuan mereka memperlakukan uang rupiah, misal di coret-coret ataupun melipat-lipat uang kertas. Dengan sosialisasi CIKUR ini harapannya siswa dapat menjaga baik-baik uang rupiah yang mereka punya dan dapat menyalurkan ilmu yang didapat dengan sekitarnya. Materi selanjutnya yaitu penyampaian keanekaragamanan Indonesia. Materi ini disampaikan dengan harapan mereka memiliki jiwa toleransi didalam menemui perbedaan yang ada dimasyarakat. Serta penyampaian materi terakhir yaitu menanamkan sifat gemar menabung untuk siswa. Materi ini diisampaikan dengan harapan mereka dapat hidup hemat dan menyisihkan uang saku yang dimiliki untuk ditabung, baik di simpan di Bank ataupun disimpan dalam media konvensional biasa.
Melalui Acara GenBIRA ini, walaupun sosialisasi hanya dilakukan di kelas empat dan lima SD, namun harapannya mereka dapat menyalurkan ilmunya dengan teman yang lain. Dismping itu mereka lebih mengenal istilah Bank Indonesia di masyarakat. Serta untuk teman-teman GenBI Tegal dapat menyalurkan semangat dalam pemaknaan Hari Sumpah Pemuda kedalam hal yang lebih positif dan berdampak untuk masyarakat.
Oleh: Rizkaeni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar